Alasan Kenapa Game Retro Era 90an Terbaik Sangat Seru Dimainkan

Alasan Kenapa Game Retro Era 90an Terbaik Sangat Seru Dimainkan

Game sudah berkembang sejak masa 1970an dan masih hingga saat ini. Dengan era yang sangat canggih sekarang, tentu game telah disulap menjadi hal yang juga sama canggihnya dengan teknologi ini, sehingga layak disebut semakin seru dan menyenangkan.
Game sendiri rupanya tidak hanya terkenal di kalangan anak-anak, tetapi kadang kala juga dimainkan oleh orang dewasa. Akan tetapi, nuansa asyik dan seru bermain game ternyata tidak hanya berasal dari kecanggihan gamenya saja, tetapi juga masa permainannya.
Rupanya, bermain game retro di era 90an yang terbaik bisa dikatakan jauh lebih asyik dan seru daripada bermain game di masa sekarang, padahal jelas game sekarang lebih hebat dan menakjubkan dengan berbagai peningkatan dan perkembangan dibanding dengan game jadul.

Alasan Main Game Retro 90an Terbaik Lebih Seru

Walkthrough yang Susah

Tentu saja, menemukan sebuah walkthrough di internet pada tahun 1990 sudah seperti mencari jarum di ratusan ton jerami, karena sangat susah. Karena saking minimnya internet, Anda sampai tidak bisa mencari cara untuk menamatkan sebuah game dan memilih bersusah payah saja dengan modal eksplorasi yang terbatas.

Tetapi, justru karena itulah membuat bermain game di masa itu terkesan bermakna dan seru. Anda bisa bersorak kegirangan karena menemukan satu atau dua item yang mungkin tidak atau langka di dalam game. Anda akan merasa bangga dan terus berniat meningkatkan level gamenya.

Perjuangan panjang itu sangat berbeda di era sekarang, karena semuanya bisa tersedia dengan mudah. Anda tidak perlu mikir panjang dalam mencari jalan keluar setelah stuck di salah satu level game, karena pasti internet sudah menyediakan semua informasinya.

Dapat Konten Tanpa DLC

Di era 90an, tidak ada istilah DLC atau downloadable content untuk membuat seru sebuah game. Karena di masa itu internet sangat sulit, sehingga developer tidak membuat sesuatu yang mengharuskan unggah atau download konten.

Para gamer biasanya memperpanjang usia gamenya dengan memanfaatkan sebuah sistem ekspansi dari developer yang dibeli bersama gamenya. Berati, game dan sistem ekspansi yang dibeli sama-sama berada dalam kepingan CD 700mb.

Jadi gamer bisa bermain game secara utuh tanpa perlu susah-susah download atau beli konten yang disediakan oleh developer game di jaman sekarang, yang sekedar ingin mengeruk untung.

Banyak Inovasi Arcade

Arcade atau ding dong adalah salah satu game yang terkenal di era 90an selain konsol nintendo atau NES. Arcade diakui juga sebagai konsol raksasa yang sebenarnya masih baru di masa itu, di dalamnya pun memuat banyak sekali game dengan banyak genre seperti petualangan, fighting, dan balapan.

Memory Card Fenomenal

Di era 90an, seluruh data keeksisan Anda saat bermain game tersimpan di memory card yang fenomenal ini. Apalagi, Anda bisa menyimpan seluruh profil dan pencapaian game lalu diload di dips manapun tanpa adanya ID atau akun yang biasa dikenal di era sekarang.

Simple dan Tidak Ada System Patch

Dahulu, tidak ada system patch dimana developer setiap saat melakukan update pada konten-konten mereka yang kerap menjadi masalah/bug pada game. Setiap Anda membeli game di era 90an, tentu Anda bisa langsung mendapatkan semuanya tanpa terkecuali, apalagi repot update game tiap berapa saat.

Konsol Awet

Memang tidak salah lagi, konsol di era 90an tidak serumit sekarang, sehingga penggunaannya pun terbilang awet dan tahan lama. Berbeda dengan komponen konsol yang sekarang, sehingga jika terjadi kesalahan dan gamer teledor merawat konsolnya maka akan berakibat buruk dan fatal.

Konsol untuk Main Game Saja

Semakin meningkatnya teknologi, tentu orang-orang ingin membuat segala hal menjadi ringkas dan multifungsi, seperti menjadikan 1 alat yang bisa digunakan untuk menonton film, memainkan musik, dan bermain game sekaligus, sehingga kerap sekali membingungkan karena banyaknya fitur yang dipasang.

Dahulu, konsol game hanya digunakan untuk bermain game saja dan hanya perlu tekan plug atau play saja. Anda tidak perlu juga menyambungkannya ke internet tetapi pelayanan masih tetap maksimal dan bermain game masih tetap nyaman.

Itulah alasan kenapa bermain game di era 90an sangat menyenangkan dan tidak perlu repot memikirkan hal lain seperti update game atau konten tapi bisa langsung bemain game saja. Selain itu, rupanya gamer di era 90an dikatakan lebih jago mainnya dibanding sekarang. Padahal, dahulu cheat dan internet belum ada atau terbatas.

Alasan Gamer Retro 90an Lebih Jago Dan Terbaik Dalam Main Game

Terbiasa Gonta-Ganti Joystick

Dahulu, ada banyak joystik yang sudah dijalan di generasi 90an, mulai dari yang hanya 1 tombol hingga 6 tombol aksi. Bahkan posisi tombol Arrow pun ada yang berpindah dari sebelah kiri ke kanan atau tengah.

Mouse untuk game PC pun dahulu masih memakai roller atau bola di tengahnya sehingga cara pakainya pun tidak senyaman mouse masa sekarang, karena terlalu banyaknya yang gonta-ganti ini, pasti gamer di era 90an akan lebih mudah dan cepat beradaptasi dibanding yang segala sesuatu bermain gamenya sudah nyaman dan enak.

Bisa Bermain di Segala Posisi

Dahulu ada alat yang disebut gembot. Di dalam alat ini ada banyak sekali game yang menyajikan permainan sederhana dan simple bahkan cara bermainnya pun juga tidak rumit. Anda bisa duduk atau jongkok bahkan tiduran karena alatnya yang kecil.
Selain itu, Anda yang bermain di era 90an juga terbiasa bermain game dengan berdiri menggunakan arcade atau dingdong. Jadi wajar saja, jika gamer tahun 90an lebih bisa bermain di segala posisi tanpa protes.

Pertemanan Sesama Gamers Lebih Erat

Di tahun 90an, segala jenis sosial media tidak ada karena internet pun juga belum ada dan sangat sulit di dapat. Karenanya, sekumpulan gamer berkumpul di satu tempat jika ingin bermain game retro terbaik bersama. Karenanya, mereka akan lebih erat menjalin pertemanan di banding sekarang yang segalanya terhubung di dunia maya tanpa saling bertatap muka.

Terkenal di Kalangan Gamer Lokal atau Sekolahan

Dahulu, predikat raja gamer sangat sulit di dapat, dan jika sudah menamatkan level-level di dalam game yang rumit, mereka membutuhkan saksi mata. Ketika terbukti berhasil, namanya akan dikenal oleh seantero gamer di sekolah, bahkan ada yang sampai pamer ke luar sekolah. Sungguh sebuah pencapaian yang besar bagi para pemain game retro terbaik.

Masih Belajar dan Menyelesaikan Tugas Sekolah

Karena di tahun 1990an belum ada yang namanya smartphone atau PC pribadi, sehingga bermain game pun bisa terus dipantau orang tua dan tidak bisa dimainkan setiap saat, maka anak-anak gamer saat itu jadi masih sempat belajar dan mengerjakan tugas sekolah tanpa terlewat.

Berbeda dengan sekarang yang sudah ada smartphone canggih berisi game-game, mereka jadi ketagihan dan terus bermain tanpa melihat waktu, terlebih jika tidak sedikit yang melupakan game retro terbaik dan tugas belajar serta PR sekolahnya. Meskipun sudah diawasi dan dilarang, anak-anak masih bisa protes dengan pura-pura belajar tetapi sebenarnya bermain game.

Author: admin